Sabtu, 31 Oktober 2020

 

 

Nasional

Pemerintah Sebut Pengembangan Ekosistem Kewirausahaan Perlu Sinergitas Stakeholder

Melly Kartika Adelia
Kamis, 01 Oktober 2020 20:42 WIB

Pemerintah Sebut Pengembangan Ekosistem Kewirausahaan Perlu Sinergitas Stakeholder
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut, pengembangan ekosistem kewirausahaan membutuhkan pendekatan penta-helix yang melibatkan akademisi, sektor bisnis, komunitas, pemerintah dan media.

Hal itu disampaikan Menko Airlangga saat memberikan sambutan dalam Kelulusan Finalis Grab Venture Velocity (GVV) Angkatan III di Jakarta, Kamis (1/10/2020).

"Pengembangan kewirausahaan memerlukan sinergi antar stakeholder untuk saling mendukung dan menguatkan ekosistem kewirausahaan agar dapat berjalan secara komprehensif dan berkesinambungan," kata dia. 

Mantan Menteri Perindustrian itu juga menambahkan ekosistem kewirausahaan juga memerlukan dukungan dari pemanfaatan ekosistem digital khususnya untuk mendorong pertumbuhan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Saat ini, lanjut dia, kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia cukup besar yaitu 97 persen berkontribusi terhadap serapan tenaga kerja, 60,42 persen berkontribusi terhadap investasi dan 14,37 persen berkontribusi terhadap ekspor.

Melalui kolaborasi antara pemerintah, pelaku ekonomi digital, industri, dan akademisi tersebut maka dapat ditemukan alternatif solusi terbaik dalam mengakselerasi pengembangan ekonomi digital dan transformasi digital di Indonesia.

Apalagi, kata dia, pandemi COVID-19 telah berpengaruh terhadap perubahan pola perdagangan di Indonesia, dari semula dilakukan secara luring (offline), saat ini dituntut untuk menjadi daring (online), agar kegiatan usaha tetap berjalan.

"Momentum ini tentunya perlu dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, termasuk UMKM, untuk bisa menyelenggarakan kegiatan berbasis online," kata Menko Airlangga, seperti dikutip dari Akurat.co. 

Terkait upaya menjaga kelangsungan UMKM, menurut dia, pemerintah telah meluncurkan kebijakan stimulus guna memperkokoh dan memberdayakan UMKM serta memberikan dukungan tambahan melalui kebijakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus selama masa pandemi.

"Sebagai upaya meningkatkan kemampuan usaha dan pemasaran produk UMKM, pemerintah juga telah meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)," kata Menko Airlangga.

Melalui Program Gernas BBI tersebut, pemerintah memfasilitasi peningkatan belanja produk UMKM melalui laman UMKM pada e-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Aplikasi Bela Pengadaan.[] 

Berita Lainnya

Ambisi Solskjaer: MU Taklukkan Arsenal untuk Rayakan Laga ke-100

SOKSINEWS.COM, Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer berambisi pada pertandingan ke-100-nya selama melatih United dirayakan . . .

Nasional Jumat, 30 Oktober 2020

Soal Kesejahteraan Guru, Mas Adi: Politik Anggaran Harus Dilaksanakan Maksimal

SOKSINEWS.COM, Paslon Pilkada Kota Pasuruan nomor urut satu Saifullah Yusuf-Adi Wibowo menegaskan bahwa ada dua hal masalah pendidik . . .

Nasional Jumat, 30 Oktober 2020

Dua Wisatawan Candi Borobudur Dinyatakan Positif COVID-19

SOKSINEWS.COM, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menyatakan dua wisatawan lokal yang akan berkunjung di kawasan . . .

Nasional Jumat, 30 Oktober 2020

Gempa dan Tsunami Guncang Turki, 6 tewas dan 202 Luka-luka

SOKSINEWS.COM, Gempa tektonik dengan magnitudo 7,1 mengguncang Turki, Yunani dan Bulgaria pada Jumat (30/10) pukul 18.51.26 WIB. . . .

Nasional Jumat, 30 Oktober 2020

Pertamina Pastikan Stok BBM di Jalur Wisata Jawa Aman

SOKSINEWS.COM, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III Jawa bagian barat memastikan, stok bahan bakar . . .

Nasional Jumat, 30 Oktober 2020