Sabtu, 31 Oktober 2020

 

 

Humaniora

Satgas: Kasus COVID-19 di Tingkat Nasional Terus Alami Penurunan

Melly Kartika Adelia
Rabu, 14 Oktober 2020 11:37 WIB

Satgas: Kasus COVID-19 di Tingkat Nasional Terus Alami Penurunan
Ilustrasi

SOKSINEWS.COM, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyampaikan kabar baik, dimana persentase kasus aktif COVID-19 di tingkat nasional terus mengalami penurunan hingga mencapai 19,17 persen per 14 Oktober 2020.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan COVID-19, dr. Dewi Nur Aisyah dalam Konferensi Pers di Graha BNPB, Rabu (14/10/2020). 

"Jadi kasus kumulatifnya bisa kita lihat memang secara proporsi terus mengalami penurunan," katanya. 

Ia mengatakan bahwa kasus aktif tersebut tidak dihitung dari total kumulatif jumlah kasus COVID-19 yang ada saat ini, tetapi diperoleh dari persentase jumlah orang yang sedang sakit dibagi jumlah orang yang terinfeksi.

Berdasarkan proporsi tersebut, tren kasus aktif COVID-19 di Indonesia terus mengalami penurunan sejak Maret hingga Oktober 2020.

"Jadi sejak awal kasus COVID-19 ditemukan di Indonesia pada awal Maret 2020 sampai sekarang 14 Oktober, kita lihat memang grafiknya menurun," katanya.

Ia mengingatkan bahwa persentase kasus aktif COVID-19 tersebut sangat dinamis. Persentase kasus aktif bisa terus mengalami penurunan jika terjadi penurunan kasus, tetapi persentase tersebut juga bisa mengalami lonjakan ketika memang terjadi lonjakan kasus.

"Kita bisa lihat contohnya di Juli, di akhir Juli dia sempat turun, kemudian di awal-awal dia agak naik lagi. Awal September kita mengalami lonjakan kasus yang sangat tinggi. Ketika di akhir Agustus dia sudah mencapai titik rendah tetapi kemudian dia naik lagi di awal September," jelasnya.

Ia berharap persentase kasus aktif tersebut terus mengalami penurunan, dengan kasus sembuh yang lebih banyak dibandingkan kasus meninggal, sehingga kasus aktifnya menjadi semakin sedikit.[] 

Berita Lainnya

Sumpah Pemuda, Ridwan Hisjam: Moment Pemuda Bangkitkan Ekonomi

SOKSINEWS.COM, Anggota DPR RI Fraksi Golkar Ridwan Hisjam mengajak para pemuda kembali bersemangat dalam mengisi semangat sumpah . . .

Humaniora Kamis, 29 Oktober 2020

Teladan Nabi Muhammad Harus Diterapkan di Era Disrupsi Informasi

SOKSINEWS.COM, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan sikap dan teladan Nabi Muhammad yang terpuji harus dapat diterapkan . . .

Humaniora Kamis, 29 Oktober 2020

Ketum Depinas SOKSI Minta Generasi Muda Siapkan Diri Hadapi Tantangan

SOKSINEWS.COM, Ketua Umum Depinas SOKSI, Ahmadi Noor Supit berpesan agar generasi muda lebih mempersiapkan diri dan bertanggungjawab . . .

Humaniora Rabu, 28 Oktober 2020

Ketum Golkar: Pemuda Berperan Besar Membangun Peradaban Bangsa

SOKSINEWS.COM, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan pemuda menjadi kekuatan pendorong di setiap perubahan dan . . .

Humaniora Rabu, 28 Oktober 2020

Meski Vaksin Sudah Ada, Masyarakat Diminta Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

SOKSINEWS.COM, Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN), Erick . . .

Humaniora Rabu, 28 Oktober 2020