Selasa, 27 Oktober 2020

 

 

Humaniora

Ibu Hamil, Lakukan Hal Ini untuk Menjaga Diri dari Keguguran

Yusuf Asyari
Minggu, 18 Oktober 2020 22:17 WIB

Ibu Hamil, Lakukan Hal Ini untuk Menjaga Diri dari Keguguran
Iluustrasi

SOKSINEWS.COM, Keguguran akan menciptakan banyak masalah. Ibu hamil yang pernah keguguran dan melewati proses pemulihan medis yang lama akan mengalami trauma atau ketakutan akan kehamilan berikutnya.

Maka, Bunda disarankan menjaga kehamilan sebaik mungkin agar risiko-risiko keguguran tidak terjadi.

Jika terjadi pendarahan pada ibu hamil tapi didiamkan, lama kelamaan akan terjadi infeksi. Begitu ada darah di vagina, kuman akan ikut naik ke atas, ke jalan lahir yang bisa membawa infeksi rahim.

“Yang paling jelek itu kalau infeksi rahim bisa bikin saluran telurnya buntu. Dulunya pernah hamil tapi setelah keguguran malah nggak bisa, itu karena saluran telurnya buntu. Bisa hamil tapi dengan program bayi tabung,” jelas Dokter Kandungan, dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG., M.Kes, dalam chanel Gue Sehat yang dikutip Akurat.co.

Dikatakan Dokter Dara bahwa risiko yang lebih besar terjadi daripada itu semua adalah jika terjadi infeksi secara sistemik. Bunda bisa mengalami keguguran yang bersifat infeksius (abostus sepsis) dimana mengalami demam dan infeksi di seluruh tubuh yang bisa mengakibatkan maut. Maka Bunda harus mengenali beberapa tanda keguguran ini, yang jika saja terjadi, haruslah segera ditangani dokter ahli.

“Biasanya orang akan curiga dia keguguran kalau di pakaian dalamnya ada bercak darah kecoklatan atau bisa merah. Dokter akan memeriksa ada nggak kontraksi, perdarahan karena apa, nggap apa-apa kalau ada lecet akibat hubungan suami istri. Yang jadi masalah jika munculnya dari dalam rahim,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi itu semua, Bunda tak boleh terlalu capek karena terlalu berat bekerja. Boleh beraktifitas seperti berolahraga atau berhubungan suami istri tapi dalam batasan yang aman.[]

 

Berita Lainnya

Rabu Ini, Diprediksi Jadi Puncak Kemacetan di Jakarta Akibat Libur Panjang

SOKSINEWS.COM, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus mudik libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1.412 . . .

Humaniora Senin, 26 Oktober 2020

Menko Perekonomian: UU Ciptaker Atur Sertifikasi Halal Pelaku UMKM Gratis

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, sertifikasi halal bagi pelaku UMKM yang . . .

Humaniora Minggu, 25 Oktober 2020

Golkar Kota Tangerang Rayakan Ulang Tahun dengan Kampanye Gerakan 3M

SOKSINEWS.COM, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Tangerang memanfaatkan momentum perayaan HUT ke-56 Partai Golkar . . .

Humaniora Jumat, 23 Oktober 2020

Agun Gunandjar Hadiri Acara Sunatan Massal di Ciamis

SOKSINEWS.COM, Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa menghadiri sunatan massal di Ciamis, Rabu (21/10/2020). . . .

Humaniora Kamis, 22 Oktober 2020

Gelar Rapim, Wira Karya Jabar Diharapkan Mampu Cetak Kader Militan dan Berkualitas

SOKSINEWS.COM, Wira Karya Indonesia Provinsi Jawa Barat menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) di Gedung DPD Golkar Jawa Barat, Jalan . . .

Humaniora Kamis, 22 Oktober 2020