Selasa, 27 Oktober 2020

 

 

Nasional Hukum

Ini Tiga Opsi DPR dalam Menentukan Peran SKK Migas dalam RUU 

Selvia
Rabu, 20 April 2016 15:24 WIB

Ini Tiga Opsi DPR dalam Menentukan Peran SKK Migas dalam RUU 
(Foto: dakwatuna.com)

JAKARTA, Terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Minyak dan Gas Bumi, Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyatakan memiliki tiga opsi, untuk menentukan peran pengatur hulu minyak dan gas (migas).

"Maka dari itu, manajemen migas di hulu harus ada aturannya. Nantinya badan seperti apa yang bisa melakukan pengaturan ini, sejauh ini kami di DPR memiliki tiga opsi," ujar Anggota Komisi VII DPR fraksi Partai Golkar, Satya Yudha di Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Opsi pertama adalah menjadikan PT Pertamina (Persero) sebagai pemegang kuasa pertambangan (mining rights) dan eksekutor kontrak bagi hasil produksi (Production Sharing Contract/PSC).

"Namun ini nanti akan memberikan Pertamina kekuatan yang berlebihan. Dan kewenangan ini kan di atas UU no. UU no. 19 tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN)," jelasnya, seperti dikutip dari Cnnindonesia.com (20/4/2016).

Opsi kedua, yaitu masih menempatkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai pemilik mining rights, namun kontrak PSC dilakukan oleh BUMN Khusus. Dengan hal ini, menurutnya, proses tender dan pengawasan bisa dilakukan oleh satu institusi khusus tersebut saja.

Kemudian, pilihan ketiga di mana mining rights masih dipegang oleh Kementerian ESDM, namun eksekusi kontrak dilakukan oleh Pertamina. Hal ini, jelasnya, juga sejalan dengan keinginan Pemerintah yang menginginkan Pertamina untuk mendapatkan keistimewaan (privilege) di dalam RUU Migas.

"Namun kembali lagi, privilege-nya Pertamina mau sampai sejauh apa? Apakah bisa diberi kewenangan ini? Apakah bisa langsung memperoleh Wilayah Kerja (WK) baru atas kontrak yang hangus? Itu juga masih perlu diatur,"imbuhnya.[]

Berita Lainnya

Presiden Jokowi Minta Jajarannya Jelaskan pada Masyarakat Soal Tahapan Imunisasi COVID-19

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk membuat dan menjelaskan tahapan imunisasi COVID-19 yang harus . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Jakarta Selatan

?SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini hujan disertai petir dan angin . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

160.916 Personel Korlantas Polri Diterjunkan dalam Pengamanan Libur Panjang

SOKSINEWS.COM, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono melepas tim perwira pengamat wilayah (Pamatwil) . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Ketua MPR: Generasi Muda Harus Jadi Ujung Tombak Pembangunan Nasional

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengenang peran pemuda di masa perjuangan kemerdekaan bukan berarti kita tidak mau . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Menko Luhut: Indonesia Optimalkan SDA Antisipasi Green Product

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan mengoptimalkan . . .

Nasional Senin, 26 Oktober 2020