Selasa, 27 Oktober 2020

 

 

Nasional Hukum

Berkas Perkara Kasus TPPI Bolak Balik, Polisi Belum Penuhi Petunjuk Jaksa

Sunardi Panjaitan
Selasa, 26 Juli 2016 11:58 WIB

Berkas Perkara Kasus TPPI Bolak Balik, Polisi Belum Penuhi Petunjuk Jaksa<p><br></p>
Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Arminsyah

JAKARTA, Kejaksaan Agung menegaskan berkas perkara milik tiga tersangka kasus dugaan korupsi penjualan kondensat dari BP Migas (saat ini SKK Migas) ke PT Trans Pacifik Petrochemical Indotama (TPPI) yang diduga merugikan negara Rp 27 triliun masih ditangan penyidik Bareskrim.

"Sudah dikembalikan ke Bareskrim, jadi sekarang masih di sana belum kita terima lagi," kata‎ Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Arminsyah di Kejaksaan Agung Jakarta, Selasa (26/7).

‎Dia menjelaskan berkas perkara memang sudah dilimpahkan penyidik Bareskrim ke tiga kalinya ke Kejaksaan, namun tim jaksa peneliti menyimpulkan berkas perkara masih ada yang harus dilengkapi.

"Sampai sekarang belum balik lagi (berkasnya) ke sini, sudah diberikan petunjuk (untuk melengkapi) agar unsur formil dan materilnya terpenuhi," jelasnya.

Disinggung soal apa yang harus dipenuhi penyidik Bareskrim agar berkas perkara P21 atau lengkap, Arminsyah enggan membeberkannya.

"Itu menyinggung sudah masuk ke materi, tidak bisa (dipublikasikan)," tutupnya.

Dalam kasus ini penyidik telah menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi penjualan kondensat yang melibatkan PT. TPPI dan SKK Migas yakni DH, RP (dari SKK Migas) dan HW (dari TPPI).

Kasus ini bermula dari penunjukan langsung SKK Migas terhadap PT TPPI terkait penjualan kondensat pada kurun waktu 2009-2010. Akibat kasus ini, diperkirakan negara dirugikan sebesar 156 juta dolar AS atau Rp2 triliun.

Tindakan ini diduga menyalahi peraturan BP Migas Nomor KPTS-20/BP00000/2003-50 tentang Pedoman Tata Kerja Penunjukan Penjual Minyak Mentah/Kondesat Bagian Negara dan Keputusan Kepala BP Migas Nomor KPTS-24/BP00000/2003-S0 tentang Pembentukan Tim Penunjukan Penjualan Minyak Mentah Bagian Negara.[]

Berita Lainnya

Presiden Jokowi Minta Jajarannya Jelaskan pada Masyarakat Soal Tahapan Imunisasi COVID-19

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk membuat dan menjelaskan tahapan imunisasi COVID-19 yang harus . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Jakarta Selatan

?SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini hujan disertai petir dan angin . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

160.916 Personel Korlantas Polri Diterjunkan dalam Pengamanan Libur Panjang

SOKSINEWS.COM, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono melepas tim perwira pengamat wilayah (Pamatwil) . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Ketua MPR: Generasi Muda Harus Jadi Ujung Tombak Pembangunan Nasional

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengenang peran pemuda di masa perjuangan kemerdekaan bukan berarti kita tidak mau . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Menko Luhut: Indonesia Optimalkan SDA Antisipasi Green Product

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan mengoptimalkan . . .

Nasional Senin, 26 Oktober 2020